Sunaryo : Warga RT.37 Batu Ampar Manfaatkan Lahan Kosong di Masa Pandemi Untuk Berkebun


🕔05 Nov 2020 👁 Dibaca:   1078 kali  

Sunaryo : Warga RT.37 Batu Ampar Manfaatkan Lahan Kosong di Masa Pandemi Untuk Berkebun

BALIKPAPAN,bidiknews- Upaya dalam menghadapi dampak Covid – 19 yang berimbas pada perekonomian masyarakat, terus dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan maupun warga masyarakat kota Balikpapan.

Seperti yang terlihat diwilayah RT 37 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, ketua RT 37,  Sunaryo bersama warganya, memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam (berkebun), yang kini diberi nama  Kebun Sumber Berkah,

Jenis tanaman Pertanian dan Perkebunan yang dibudidaya oleh Sunaryo beserta warganya meliputi, Buah-Buahan , Umbi-umbian,Sayuran, dan Palawija. Disamping tanaman pertanian dan perkebunan , terdapat juga beberapa kolam untuk membudidaya ikan seperti ikan lele,Nila dan Patin.

Keberhasilan Sunaryo bersama Warga dalam mengelola Kebun Sumber Berkah, banyak mengundang perhatian berbagai kalangan, tidak terkecuali Walikota Balikpapan, yang juga ikut berkunjung ke wilayah tersebut.

Kini Kebun Sumber Berkah dinobatkan sebagai Kampung ketahan Pangan yakni Kampung Pagar Mantap . Program kampong pagar mantap ini merupakan program Dinas Pangan Pertanian dan Peternakan (DP3)  sebagai bentuk peningkatan ketahanan pangan di lingkungan masyarakat..

Saat ditemui Sunaryo ketua RT 37 yang juga merupakan Ketua Kelompok Ketahanan Pangan Kebun Sumber Berkah, mengatakan, Alhamdulillah kebun sumber berkah kini dinobatkan oleh Pemkot Balikpapan menjadi Kampong Pagar Mantap.

“Kini program kami bertambah dengan Budidaya Ikan Lele Dalam Ember ( BUDE) selain program pertanian” kata Sunaryo

“Kami juga mendapatkan bantuan benih ikin lele dari Dinas Pangan Pertanian dan Peternakan,  sebanyak 6500 benih ikan lele, serta bibit kangkung,pupuk serta pakan ikan lele” jelasnya

Dengan diberikan bantuan ini Sunaryo berharap Pemerintah terus berperan untuk meningkatkan kemajuan ketahan pangan, dengan memberikan fasilitas untuk kemajuan Pertanian, apalagi ditengah Pandemi Covid-19 yang menyelimuti Kota Balikpapan.

“saya berharap Pemerintah terus berperan aktif dalam memajukan ketahan pangan, terkhusus di bidang Pertanian, dengan memberikan bantuan peralatan pertanian seperti Excavator mini, untuk menopang kelancaran para petani”Pungkasnya (agus/bdk)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment