RDP Komisi lll dengan Bappeda Litbang


🕔19 Jan 2021 👁 Dibaca:   60 kali  

RDP Komisi lll dengan Bappeda Litbang

BALIKPAPAN,bidiknews.co.id- Terhitung sejak awal Januari hingga sekarang, Komisi lll DPRD kota Balikpapan telah memasuki minggu ke-3 pelaksanaan rapat dengar pendapat (RDP) dengan beberapa mitra kerjanya. Kali ini, Senin (18/1/2021) pagi, berlangsung diruang komisi lll, rapat dengar pendapat kembali digelar bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Penelitian dan Pengembangan (Litbang) kota Balikpapan.

Sekretaris Komisi lll DPRD Balikpapan, H.Ali Munsjir Halim, SE usai mengikuti RDP menjelaskan, bahwa rapat dengar pendapat bersama Bappeda Litbang tentu kaitannya dengan perencanaan. Baik perencanaan untuk tahun berjalan, pun dengan perencanaan tahun yang akan datang. Seperti yang disampaikan Bappeda Litbang, dalam hal ini pemerintah kota, bahwa pihaknya telah menyusun perencanaan teknokrat yang menyangkut tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), yang tentunya disesuaikan dengan RPJMD Walikota terpilih.

foto H.Ali Munsjir Halim

" Bappeda Litbang telah menyampaikan kepada kami (komisi lll) mengenai RPJMD yang kini sudah dalam tahap penyusunan teknokrat. Ini tentunya menyesuaikan visi misi Walikota terpilih. Walaupun tidak disampaikan secara terperinci, namun konsennya tentang pendidikan, kesehatan dan penanganan banjir," ungkap Ali Munsjir Halim kepada Wartawan.

Ketiga perencanaan inilah yang kemudian menjadi prioritas utama dalam pembahasan perencanaan kedepan. Sebab dalam RPJMD 5 tahun sebelumnya, yakni terkait penanganan banjir, baru mencapai 60-70 persen. Kendalanya saat itu terkait pembebasan lahan, yang hingga kini juga masih berlanjut. Seperti lahan di wilayah Sungai Ampal yang dua kali dianggarkan karena terkendala pembebasan lahan.

"Kendala kita dipembebasan lahan, seperti yang terjadi diwilayah Sungai Ampal. Anggaran saat itu kan sampai hangus, kedepan kita berharap persoalan ini akan terselesaikan. Sehingga semua perencanaan kita berjalan maksimal," jelasnya.

Menyangkut masalah pendidikan dan kesehatan, menurut Ali Munsjir, juga telah disampaikan secara global. Artinya menyesuaikan visi misi Walikota terpilih. Seperti penggratisan seragam sekolah dan buku-buku. Pun halnya dengan kesehatan, akan berjalan menyesuaikan perencanaan yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo mengatakan, bahwa RDP yang dilaksanakan untuk mengingatkan beberapa kegiatan-kegiatan komisi lll, untuk dievaluasi kembali. Hal itu guna menjadi perhatian pada penyusunan RPJMD yang akan datang dibawah instruksi Walikota baru. Ada tiga hal pokok yang menjadi prioritas kedepan. Mulai dari Pendidikan, Kesehatan serta Penanganan Banjir.

Selain itu, beberapa hal juga diusulkan komisi lll, seperti penambahan rombel, seragam sekolah. Selain itu juga yang menyangkut kesehatan, diantaranya BPJS, JKM serta penangan Covid-19. Kalau menyangkut banjir memang banyak usulan fisik dibeberapa titik yang rawan banjir. Masukan inilah yang kemudian diinginkan komisi lll untuk menjadi perhatian serius pada RPJMD mendatang.

"Jadi RDP ini sifatnya mengingatkan kepada kami, evaluasi usulan beberapa kegiatan komisi lll, agar menjadi perhatian dipenyusunan RPJMD. Tentu usulan itu menjadi prioritas semua. Seperti pendidikan, kesehatan dan penanganan banjir," kata Agus.

Bukan hanya itu, menurut Agus hal mendasar yang juga menjadi prioritas yakni terjadinya belanja tak terduga (BTT). Apalagi saat ini kondisi cuaca di kota Balikpapan memasuki musim hujan. Hal ini dapat berpotensi terjadi bencana tanah longsor dan banjir. Untuk itu, skala prioritas pemerintah tentu harus menjadi perhatian bersama. (wid/bdk)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment